Tuntunan sholat tahahud(qiyamul lail)
Sholat tahajud adalah salat sunnat
yang dikerjakan di malam hari setelah terjaga dari tidur. Salat
tahajjud termasuk salat sunnat mu'akad (salat yang dikuatkan oleh
syara'). Salat tahajjud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan
sebanyak-banyaknya tidak terbatas.
Nah untuk tata cara pelakasanaan sholat tahajud adalah sebagai berikut :
Pertanyaan: Assalaamu’alaikum, ana (saya) ‘Abdullah
ingin bertanya tentang bagaimana cara shalat tahajjud yang sesuai dengan
sunnah dan kapan ana bisa mendapati malam lailatul qodar? Bagaimana
tentang imsak, apakah ada atau tidak? Kapan batasannya sahur?
Jazaakumullaahu khairan. (08156177***)
Jawaban: Wa’alaikumus salaam warahmatullaah.
Shalat tahajjud (kalau di bulan Ramadhan lebih dikenal dengan istilah
tarawih) yang sesuai dengan sunnah adalah sebelas raka’at sebagaimana
diterangkan dalam hadits ‘A`isyah:
مَا كَانَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم يَزِيْدُ فِي رَمَضَانَ وَلاَ فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً
“Nabi tidak pernah shalat malam baik di bulan Ramadhan atau selainnya lebih dari sebelas raka’at.” (HR. Al-Bukhariy no.1147 dan Muslim no.738)
Sebelas raka’at di sini termasuk di dalamnya shalat witir tiga raka’at yang bisa dilakukan dengan dua cara:
shalat dua raka’at dan salam kemudian shalat satu raka’at atau cara yang kedua,
shalat tiga raka’at sekaligus dengan satu tahiyyat di raka’at ketiga kemudian salam.
Tapi cara pertama itulah yang lebih utama.
Dan dikerjakan dua-dua artinya setiap dua raka’at diakhiri salam,
sebagaimana dijelaskan dalam hadits Ibnu ‘Umar, dia berkata: Seorang
laki-laki berdiri lalu berkata: Ya Rasulullah, bagaimana (caranya)
shalat malam? Rasulullah bersabda:
صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى فَإِذَا خِفْتَ الصُّبْحَ فَأَوْتِرْ بِوَاحِدَةٍ
“Shalat malam itu dua raka’at-dua raka’at, jika kamu takut masuk waktu shubuh maka witirlah satu raka’at.” (HR. Muslim no.749)
Sehingga shalat malam itu paling sedikit satu raka’at (yaitu shalat witirnya saja) dan paling banyaknya 11 raka’at. Adapun
riwayat yang menerangkan bahwa Nabi shalat 13 raka’at maka 2 raka’atnya
itu adalah shalat ba’da ‘isya atau qabliyyah shubuh.
Dan paling utama dilakukan pada sepertiga malam akhir. (Lihat HR. Al-Bukhariy no.1131, 4569 dan Muslim no.1159)
Lebih detailnya bisa dilihat di dalam kitab Qiyaamu Ramadhaan atau Shalaatut Taraawiih karya Asy-Syaikh Al-Albaniy.
[Buletin AL Wala’ wal Bara’ Edisi ke-49 Tahun ke-2 / 29 Oktober 2004 M / 15 Ramadhan 1425 H]
Kaifiat Qiyamullail (Shalat Lail)
Dari Aisyah radhiallahu anha dia berkata:
مَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً
يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ
يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ
يُصَلِّي ثَلَاثًا.
فَقَالَتْ عَائِشَةُ: فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ
تُوتِرَ؟ فَقَالَ: يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلَا
يَنَامُ قَلْبِي
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengerjakan shalat (lail) baik di dalam bulan ramadhan maupun di luar ramadhan tidak pernah lebih dari 11 rakaat. Beliau memulai dengan mengerjakan 4 rakaat, kamu tidak usah menanyakan bagaimana baik dan panjangnya shalat beliau. Setelah itu beliau kembali mengerjakan 4 rakaat, kamu tidak usah menanyakan bagaimana baik dan panjangnya shalat beliau. Kemudian beliau shalat tiga rakaat.”
Aisyah berkata: Lalu aku bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah anda tidur
sebelum witir?” Beliau menjawab, “Wahai Aisyah, sesungguhnya kedua
mataku memang tidur namun hatiku tidak.”(HR. Al-Bukhari no. 1147 dan Muslim no. 738)
Dari Abdullah bin Amr radhiallahu anhuma dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ
الصَّلَاةِ إِلَى اللَّهِ صَلَاةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ
يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ
يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا
“Sesungguhnya puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Daud,
sedangkan shalat yang paling disukai Allah adalah juga shalat Daud
alaihissalam. Beliau tidur hingga pertengahan malam, kemudian
bangun (untuk shalat lail) selama sepertiga malam, lalu kembali tidur
pada seperenamnya (sisa malam). Dan beliau berpuasa sehari dan berbuka sehari.” (HR. Al-Bukhari no. 1131)
Dari Ibnu Umar radhiallahu anhuma dia berkata: Ada
seseorang yang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
tentang shalat malam. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
bersabda:
صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى فَإِذَا خَشِيَ أَحَدُكُمْ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى
“Shalat malam itu dua rakaat dua rakaat. Jika salah seorang dari
kalian khawatir akan masuk waktu shubuh, hendaklah dia shalat satu
rakaat sebagai witir (penutup) bagi shalat yang telah dilaksanakan
sebelumnya.” (HR. Al-Bukhari no. 990 dan Muslim no. 749)
Dari Aisyah radhiallahu anha dia berkata:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا
قَامَ مِنْ اللَّيْلِ لِيُصَلِّيَ افْتَتَحَ صَلَاتَهُ بِرَكْعَتَيْنِ
خَفِيفَتَيْنِ
“Jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bangun di malam
hari untuk menunaikan shalat malam, biasanya beliau memulai shalatnya
dengan dua rakaat ringan.” (HR. Muslim no. 767)
Waktu shalat lail
Awal waktu shalat lail adalah setelah shalat isya dan akhir waktunya adalah setelah terbit fajar kedua. Ini berdasarkan hadits Aisyah radhiallahu anha dia berkata,
“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam biasa mengerjakan shalat sebelas rakaat pada waktu antara selesai shalat isya sampai subuh.” (HR.
Muslim no. 736) Juga berdasarkan hadits Ibnu Umar di atas. Karenanya
Ibnu Nashr berkata dalam Mukhtashar Qiyam Al-Lail hal. 119, “Yang
disepakati oleh para ulama adalah: Antara shalat isya
hingga terbitnya fajar (shadiq/kedua) adalah waktu untuk mengerjakan witir.”
Karenanya jika ada orang yang shalat maghrib-isya dengan jama’
taqdim, maka dia sudah boleh mengerjakan shalat lail walaupun waktu isya
belum masuk. Sebaliknya,
walaupun sudah jam 10 malam tapi jika dia belum shalat isya, maka dia belum diperbolehkan shalat lail.
Hanya saja waktu yang paling ideal adalah dikerjakan selepas pertengahan
malam, sebagaimana dalam hadits Abdullah bin Amr di atas.
Jumlah rakaatnya
Shalat lail minimal 2 rakaat dan paling banyak tidak terbatas. Ini
berdasarkan hadits Ibnu Umar di atas. Hanya saja, walaupun dibolehkan
mengerjakan shalat lail tanpa ada batasan rakaat (selama itu genap),
akan tetapi sunnahnya dia hanya mengerjakan 8 rakaat (plus witir 3
rakaat) berdasarkan hadits Aisyah yang pertama di atas.
Disunnahkan juga untuk mengerjakan 2 rakaat ringan sebelum shalat lail -berdasarkan hadits Aisyah yang terakhir di atas-, sehingga total rakaatnya adalah 13 rakaat.
Beberapa Cara/Kaifiyat melakukan Shalat Tahajud & Witir
1. Sholat 13 raka’at dibuka dengan 2 raka’at ringan. Hal ini berdasarkan hadits hadits Zaid bin Kholid Al-Juhany radhiyallahu ‘anhu riwayat Muslim, beliau berkata :
“Sungguh saya akan memperhatikan sholat Rasulullah
shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam di malam hari maka beliau
sholat dua raka’at ringan kemudian beliau sholat dua raka’at panjang,
panjang, panjang sekali kemudian beliau sholat dua raka’at lebih pendek
dari dua raka’at sebelumnya kemudian beliau sholat dua raka’at dan
keduanya lebih pendek dari dua raka’at sebelumnya kemudian beliau sholat
dua raka’at dan keduanya lebih pendek dari dua raka’at sebelumnya
kemudian beliau sholat dua raka’at dan keduanya lebih pendek dari dua
raka’at sebelumnya kemudian beliau berwitir maka itu (jumlahnya) tiga
belas raka’at”.
Dan dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha riwayat Muslim, beliau
berkata : “Adalah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam
apabila beliau berdiri di malam hari untuk sholat maka beliau membuka
sholatnya dengan dua raka’at yang ringan”
2. Sholat 13 raka’at, 8 raka’at diantaranya dilakukan dengan
salam pada setiap 2 raka’at kemudian witir 5 raka’at dengan satu kali
tasyahhud dan satu kali salam.
Hal ini berdasarkan hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha Riwayat Muslim :
“Adalah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam sholat di
malam hari 13 raka’at, beliau witir darinya dengan 5 (raka’at) tidaklah
beliau duduk pada sesuatupun kecuali hanya pada akhirnya”
3. Sholat 11 raka’at dengan salam pada setiap 2 raka’at dan witir dengan 1 raka’at.Hal ini berdasarkan hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha riwayat Muslim, beliau berkata :
“Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam sholat antara
selesainya dari sholat isya` sampai sholat fajr (sholat subuh) sebelas
raka’at, Beliau salam setiap dua raka’at dan witir dengan satu raka’at”.
4. Sholat 11 raka’at, tidak duduk kecuali pada raka’at kedelapan
kemudian tasyahhud tanpa salam lalu berdiri untuk raka’at kesembilan
kemudian salam, lalu sholat dua raka’at lagi dalam keadaan duduk.
Hal tersebut diterangkan dalam hadits Sa’ad bin Hisyam bin ‘Amir riwayat
Muslim, beliau bertanya kepada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha tentang
bagaimana sholat witir Rasulullah
shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam, maka beliau menjelaskan :
“… Maka beliau bersiwak, berwudhu’ dan sholat 9 raka’at beliau tidak
duduk kecuali pada yang kedelapan kemudian beliau berdzikir kepada
Allah, memuji-Nya dan berdoa kepada-Nya lalu berdiri dan tidak salam.
Kemudian beliau berdiri untuk kesembilan lalu duduk kemudian beliau
berdzikir kepada Allah, memuji-Nya dan berdoa kepada-Nya lalu beliau
salam sengan (suara) salam yang beliau perdengarkan kepada kami kemudian
beliau sholat dua raka’at setelah salam dalam keadaan duduk, maka itu
11 raka’at wahai anakku. Ketika Nabi Allah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala
alihi wa sallam telah berumur dan beliau bertambah daging (Baca
bertambah berat) maka beliau witir dengan 7 (raka’at) dan berbuat pada
yang dua raka’at seperti perbuatan beliau yang pertama, maka itu adalah
sembilam (raka’at) wahai anakku”
5. Sholat 9 raka’at, tidak duduk kecuali pada raka’at keenam
kemudian tasyahhud tanpa salam lalu berdiri untuk raka’at ketujuh
kemudian salam, lalu sholat dua raka’at lagi dalam keadaan duduk.
Hal ini di terangkan dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha di atas.
Berkata Syaikh Al-Albany : “Ini adalah beberapa kaifiyat yang Rasulullah
shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam melakukannya pada sholat
lail dan witir. Dan mungkin untuk ditambah dengan
bentuk-bentuk yang lain, yaitu dengan mengurangi pada setiap bentuk yang
tersebut jumlah raka’at yang ia kehendaki dan bahkan boleh baginya
untuk membatasi dengan satu raka’at saja.”
Ibnu Hazm dalam Al-Muhalla menyebutkan beberapa bentuk lain :
6. Sholat 13 raka’at, yaitu salam pada setiap dua raka’at dan witir satu raka’at.
7. Sholat 8 raka’at dengan salam pada setiap 2 raka’at kemudian ditambah witir 1 raka’at.
8. Sholat 6 raka’at dengan salam pada setiap 2 raka’at kemudian witir 1 raka’at.
9. Sholat 7 raka’at, tidak tasyahhud kecuali pada yang keenam kemudian berdiri sebelum salam
untuk raka’at ketujuh lalu duduk tasyahhud dan salam.
10. Sholat 7 raka’at dan tidak duduk untuk tasyahhud kecuali di akhirnya.
11. Sholat 5 raka’at dan tidak duduk untuk tasyahhud kecuali di akhirnya.
12. Sholat 3 raka’at, duduk tasyahhud pada raka’at kedua dan salam lalu witir 1 raka’at.
13. Sholat 3 raka’at tidak duduk tasyahhud dan salam kecuali pada raka’at terakhir2.
14. Sholat witir satu raka’at.
Demikian beberapa kaifiyat yang disebutkan oleh Syaikh Al-Albany dalam
Sholatut Tarawih hal. 86-94 (Cet. Kedua) dan Qiyamu Ramadhan hal. 27-30
dan Ibnu Hazm dalam Al-Muhalla 3/42-48. Dan Syaikh Al-Albany juga
menyebutkan kaifiyat lain
yaitu sholat 11 raka’at ; 4 raka’at sekaligus dengan sekali salam kemudian 4 raka’at dengan sekali salam lalu 3 raka’at.
Sebagaimana dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha riwayat Al-Bukhary dan Muslim :
“Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam tidaklah
menambah pada (bulan) Ramadhan dan tidak pula pada selain Ramadhan lebih
dari sebelas raka’at. Beliau sholat empat (raka’at) jangan kamu tanya
tentang baiknya dan panjangnya, kemudian beliau sholat empat (raka’at)n
jangan kamu tanya tentang baiknya dan panjangnya kemudian beliau sholat
tiga (raka’at)”.
Namun ada perbedaan pendapat di kalangan para Ulama tentang kaifiyat ini.
Pendapat Abu Hanifah, Ats-Tsaury dan Al-Hasan bin Hayy boleh melakukan
Qiyamul Lail 2 raka’at sekaligus, boleh 4 raka’at sekaligus, boleh enam
raka’at sekaligus dan boleh 8 raka’at sekaligus, tidak salam kecuali di
akhirnya. Kelihatannya pendapat ini yang dipegang oleh Syaikh Al-Albany
sehingga beliau menetapkan kaifiyat sholat 11 raka’at ; 4 raka’at
sekaligus dengan sekali salam kemudian 4 raka’at dengan sekali salam
lalu 3 raka’at dengan sekali salam.
Dan disisi lain, jumhur Ulama seperti Malik, Asy-Syafi’iy, Ahmad, Ishaq,
Sufyan Ats-Tsaury, Ibnul Mubarak, Ibnu Abi Laila, Abu Yusuf, Muhammad
bin Hasan, dan Ibnul Mundzir serta yang lainnya menghikayatkan pendapat
ini dari Ibnu ‘Umar, ‘Ammar radhiyallahu ‘anhuma, Al-Hasan, Ibnu Sirin,
Asy-Sya’by, An-Nakha’iy, Sa’id bin Jubair, Hammad dan Al-Auza’iy. Dan
Ibnu ‘Abdil Barr berkata : “Ini adalah pendapat (Ulama) Hijaz dan
sebahagian (Ulama) ‘Iraq.”, semuanya berpendapat bahwa sholat malam itu
adalah dua raka’at-dua raka’at yaitu harus salam pada setiap dua
raka’at. Ini pula pendapat yang dkuatkan oleh Syaikh Ibnu Baz beserta
para Syaikh anggota Al-Lajnah Ad-Da`imah, dan juga pendapat Syaikh Ibnu
‘Utsaimin dan lain-lainnya
sehingga mereka semua menyalahkan orang yang memahami hadits ‘Aisyah
di atas dengan kaifiyat sholat 11 raka’at ; 4 raka’at sekaligus dengan
sekali salam kemudian 4 raka’at dengan sekali salam lalu 3 raka’at, dan
menurut mereka pemahaman yang benar adalah bahwa 4 raka’at dalam hadits
itu adalah dikerjakan 2 raka’at 2 raka’at .
Tarjih
Yang kuat dalam masalah ini adalah pendapat Jumhur Ulama berdasarkan
hadits hadits ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma riwayat
Al-Bukhary dan Muslim, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa‘ala alihi wa
sallam bersabda :
“Sholat malam dua (raka’at) dua (raka’at)”
Hadits ini adalah berita namun bermakna perintah yaitu perintah untuk
melakukan sholat malam dua dua raka’at. Demikian keterangan Syaikh Ibnu
Baz dalam Majmu’ Fatawa beliau 11/323-324.
Baca pembahasan tentang masalah di atas dalam : Al-Istidzkar 2/95-98,
104-106, Fathul Bari 4/191-198, Fatawa Al-Lajnah Ad-Da`imah 7/199-200
dan Asy-Syarh Al-Mumti’ 4/18-20.
Dan juga para Ulama berselisih pendapat tentang dua raka’at setelah
witir pada kaifiyat no. 4 dan 5, ada tiga pendapat di kalangan ulama :
1. Sunnah dua raka’at setelah witir. Ini pendapat Katsir bin Dhomrah dan
Khalid bin Ma’dan. Dan Al-Hasan dan Abu Mijlaz melakukannya, sedangkan
Ibnu Rajab menukil hal tersebut dari sebahagian orang-orang Hanbaliyah.
2. Ada rukhshoh (keringanan) dalam hal tersebut dan bukan makruh. Ini adalah pendapat Al- Auza’iy, Ahmad dan Ibnul Mundzir.
3. Hal tersebut Makruh. Ini pendapat Qais bin ‘Ubadah, Malik dan Asy-Syafi’iy.
Tarjih
Tentunya dalil-dalil yang menjelaskan tentang kaifiyat itu adalah hujjah
yang harus diterima tentang disyari’atkannya sholat dua raka’at setelah
witir. Berkata Ibnu Taimiyah : “Dan kebanyakan Ahli Fiqh tidak
mendengar tentang hadits ini (yaitu hadits tentang adanya dua raka’at
setelah witir di atas,-pent.), kerena itu mereka mengingkarinya. Dan
Ahmad dan selainnya mendengar (hadits) ini dan mengetahui keshohihannya
dan Ahmad memberi keringanan untuk melakukan dua raka’at ini dan ia
dalam keadaan duduk sebagaimana yang dikerjakan oleh (Nabi) shollallahu
‘alaihi wa sallam. Maka siapa yang melakukan hal tersebut tidaklah
diingkari, akan tetapi bukanlah wajib menurut kesepakatan (para Ulama)
dan tidak dicela orang yang meniggalkannya….”
Baca : Majmu’ Fatawa Ibnu Taimiyah 23/92-94, Fathul Bari Ibnu Rajab 6/260-264 dan Al- Mughny 2/281.
1 Yaitu disaksikan oleh malaikat rahmat. Demikian keterangan Imam An-Nawawy dalam Syarah Muslim 6/34.
2 Tambahan dari penulis dan tidak tertera dalam Al-Muhalla.
3 Artinya : Maha suci Yang Maha berkuasa lagi Yang Maha suci.
Demikian ulasan tenatng tuntunan sholat tahajud. Apabila tulisan diatas bermanfaat silahkan share. Namun jika ada yang kurang sobat bisa menambahkan di kotak komentar. Akan saya masukkan dalam postingan.
Sumber: Berbagai sumber